Dapur Nyonya Al Jupri

Brownies Coklat Tabur Keju

Brownies Ny. Al Jupri

Ceritanya saya lagi terobsesi dengan belajar bikin kue😀. Karena saya baru saja gabung dengan milis Natural Cooking Club (NCC) di yahoogroups. Sebuah milis yang beranggotakan para bakul kue rumahan (mereka menyebutnya demikian). Padahal, mereka adalah orang-orang top, chef-chef handal. Master kue di negeri ini.🙂

Dalam seminggu ini hampir tiap hari saya selalu membuat brownies dengan resep-resep hasil googling yang berbeda-beda. Tapi satu-satunya yang berhasil saya foto adalah hasil tadi malam (itu juga dengan kamera HP butut saya, jadinya gambarnya burem). Biasanya begitu brownies saya angkat dari kukusan saya potong-potong, sebentar kemudian sudah ludes karena Ibu dan Adik saya, juga saya pastinya doyan banget. Walaupun kadang bantat, walaupun kadang rasanya ga karuan.😀

Sebenarnya kemarin sudah mau tobat, ga mau bikin brownies lagi. Bukan putus asa karena saya gagal terus, tapi dalam seminggu saya belajar membuat kue, timbangan badan saya sukses bergeser ke kanan satu angka, hiks😦. Tentu saja, ini harus segera dihentikan.  Tapi tadi malam, ada kakak saya datang, minta diajarin bikin brownies (haiah, saya juga lagi belajar, gimana mau ngajarin).

Ok deh, dengan modal contekan resep brownies dari Natural Cooking Club (NCC) yang terkenal enak itu, saya berlagak jadi instruktur kursus. Belagu amat ya, baru bisa pegang mikser seminggu aja udah songong ga ketulungan😛. Pengalaman lima kali tentu saja belum bisa dibilang mahir.

Ini brownies ke lima saya.

Pertama, saya bikin pake resep dari pemilik toko bahan kue deket rumah. Komposisi bahannya tertulis di bungkus plastiknya yaitu: Terigu, gula pasir, vanili, coklat bubuk, coklat blok, margarin, emulsifier, baking powder.  Tapi tidak tahu berapa jumlah setiap bahannya. Bahan-bahan itu sudah dibungkus dalam kemasan kecil2 dan disetiap kemasannya ditandai dengan huruf A, B, C, D dan E. Jadi ya ga bisa dicontek tuh resepnya. Hasilnya? Rasanya cukup enak. Karena coklat blok yang dipakai cukup nyoklat walaupun cuma sedikiiit (sayangnya ga tahu merek apa yang dipake). teksturnya berremah, agak berongga.

Kedua, saya bikin pake resep dari NCC. Resepnya bisa diintip di sini dengan segenap instruksinya. Ingin tahu testimoni bagaimana rasanya cukup googling aja dengan keyword  brokus coklat NCC. Ternyata, hampir semua yang pernah bikin brownies ini katanya mantap. Teksturnya lembuuut, rasanya nyoklat bangeeet. Tapi sayang sekali, waktu saya bikin ini, saya pake bahannya coklat bubuk murahan, Rp. 4000 untuk 250 gram dan DCC murahan. Jadinya rasanya yaaa… tetep ga murahan. Enak (membela diri :D).

Ketiga, saya bikin pake resep brokus keju ala Pak Sahak. Resepnya nyontek dari sini. Dengan modifikasi, resep yang judulnya keju itu, saya bikin coklat. Susu bubuk yang 40 gram saya ganti dengan susu bubuk 20 gram (pake d*ncow calciplus) dan coklat bubuk 20 gram. 250 cheese creamnya saya ganti dengan DCC 75 gram. Katanya resep ini memang bantat. Jadi kalo hasilnya bantat berarti berhasil. Rasanya nyoklat gurih. Tapi sayang bantat.

Keempat, pake resep brokus keju radin. Berdasarkan saran dari mbak Nina, kalo mau bikin brownies yang ga bantat pake resep radin aja. Pemilik resep ini, mba Nia Kurniasih pernah nongol di acara jelang siang Trans TV. Sebenarnya saya belajar teknik ngaduk adonan dari pemilik radincake ini. Karena sebenarnya saya belum pernah lihat langsung orang bikin kue. Menurut adik saya, inilah brownies paling enak bikinan saya dibanding sebelum-sebelumnya🙂.

Ke lima, ya tadi malam. Pake resep NCC yang saya modifikasi (Duh, berasa gaya bisa modifikasi resep :P).

Resep Brownies Coklat Tabur Keju

(Modified from NCC by Ny. Al Jupri :D)

Bahan A:
4 btr   telur
100 gr   gula pasir
1/2 sdm   emulsifier

Bahan B:

10 gr susu bubuk full cream
25 gr     coklat bubuk
100 gr   tepung terigu

1/2 sdt baking powder
1 bks kecil   vanilli
Bahan C:
100 gr   mentega/margarine
75 gr   dark cooking chocolate

Bahan filling : coklat meisyes secukupnya
Bahan taburan: pasta coklat spread + keju cheddar 30 gr
Cara membuat:

  1. Panaskan kukusan. Siapkan loyang kotak  poles mentega
  2. Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi menjadi 2 bagian sama rata.
  3. Tuang satu bagian adonan kedalam loyang, kukus selama lk. 10 menit.
  4. Buka kukusan, taburi meisyes, tuang lagi satu bagian adonan, kukus lagi lk 45 menit sampai matang.
  5. angkat dari loyang. Olesi coklat spread taburkan keju parut. Potong-potong.

Dari lima kali belajar itu ada beberapa hal yang perlu saya catat:

1. Telur+gula+emulsifier dikocok sampe kaku. Kaku itu sampai bentuknya berpita. runcing dan tetap, tidak bergoyang saat dicolek.😀

2. Penambahan baking powder membuat tekstur brownies jadi berpori.

3. Pastikan air dalam kukusan sudah mendidih dan beruap banyak ketika memasukkan loyang ke dalam kukusan.

4.Air yang terlalu penuh dalam kukusan akan mengenai loyang ketika mendidih, sehingga bagian bawah kue akan lembek.

5. Alasi tutup panci dengan serbet agar uap air tidak jatuh ke adonan.

6. Gunakan api kecil/ sedang ketika mengukus. Api besar akan menyebabkan kue bergelombang.

Nah, ini ceritaku bagaimana dengan ceritamu?😀

Comments on: "Brownies Coklat Tabur Keju" (2)

  1. Lia yulia watì said:

    Mbak aku jga sering gagal bkin brokus..smpe akhrnya malas,e stlah bca pnya mbk jd pgen nyobain praktek lg..doain akuuu mga brhasil yaa

Leave a Reply

