Dapur Nyonya Al Jupri

Roll Cake Ancur-ancuran :D

Wah, Judulnya udah under estimate duluan. Sebenarnya emang ga pede sekali ya nampangin kue ancur seperti di samping. Ah, tapi biarin wong namanya juga sedang belajar. Sah-sah aja kan ya kalo hasilnya belum bisa bagus? Tapi kalo mau ngeles sih ya, sebenernya penampilan yang jelek itu cuma karena saya ga bisa moto, apalagi pake kamera HP jelek. Aslinya mah, cantik, rasanya enak. Beneran lho ini cuma ngeles. Wong kamera jelek aja ga menipu, apalagi kamera bagus yang jujur, ntar malah keliatan banget ancurnya.😛

Berawal dari tadi pagi waktu bangun tidur, suami saya nanyain hari ini saya mau ngapain. “Masih ada sisa bahan kue, mamah mau belajar lagi hari ini,” jawab saya. “Jangan brownies terus dong mamah yang dibuat, yang lain gitu,” kata suami saya. “Ya engga brownies terus, wong baru lima kali,” lanjut saya. “Lima kali tuh harusnya udah berhasil bikin yang paling enak dan cantiiik,” katanya lagi. “Iya deh,” jawab saya datar. Haha, bikin kue itu seperti belajar matematika loh😛. Makin sering kita berlatih, makin mahir kita bikinnya. Otomatis, hasilnya semakin bagus. Baru lima kali mah belum apa-apa. Eh, tapi beneran loh, bikin kue itu pake matematika juga. Matematika anak SD, berhitung bagi-bagian dan konversi satuan pengukuran. Timbang-timbang bahannya. Pilih memilih loyang, juga harus bisa menghitung volume maksimal loyang untuk memutuskan mau membuat seberapa banyak adonan. Mau loyang bentuk kotak atau lingkaran. Sebenarnya yang kotak itu balok dan yang lingkaran itu tabung. Haiah, rumit amat ya? Padahal prakteknya biasa aja sih. Estimasi aja.

Roll cake ato bolu gulung yang saya buat di atas, lagi-lagi nyontek resep NCC. Resep aslinya namanya bolu gulung marmer kukus. Kalau pengen tahu klik aja, jangan bandingkan gambarnya dengan gambar milik saya. Kan sudah saya bilang, punya saya namanya Roll Cake Ancur-ancuran. Ya jelas beda dong.

Langkah-langkah bikinnya, seperti biasa, siapkan contekan resep. Trus siapkan bahan-bahannya. Timbang-timbang. Kocok telur dan gula.Eh, bener ga sih ngocok telur sama gulanya hanya sampai seperti gambar di bawah ini? (belum paham instruksi dari resep yang bilang mengental, kaku ato berpita itu bedanya apa).

Berikut deh resep lengkapnya:

Bahan A:

4 btr      telur
100 gr    gula pasir
1 sdt      cake emulsifier
½ sdt     vanilli (saya ga pake, ga ada sih, males keluar-keluar)

Bahan B:
80 gr      tepung terigu protein sedang
10 gr      susu bubuk full cream (saya pake 20 gr, biar tambah gurih karena ga pake Vanilli takut rasanya ga enak)
10 gr      tepung maizena

Bahan C:
50 gr      margarine, lelehkan

Bahan D:
1 sdt      pasta cokelat (ga pake, makanya sisi luarnya polos, ga ada coklat2 marmernya)
50 gr      selai  Blue Berry (saya pake pasta coklat spread 40 gr)

Cara membuatnya:

  1. Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata, tuangi bahan C aduk rata.
  2. Ambil 3 sdm adonan, beri pasta cokelat aduk rata, sisihkan. (saya skip langkah ini, karena ga punya pasta coklat)
  3. Tuang adonan kuning kedalam loyang 22x22x4cm (saya pake loyang ukuran 24x22x4 cm), lalu dengan sendok makan beri adonan cokelat  diatasnya secara acak. Buat motif marmer pada adonan menggunakan sumpit atau garpu (Skip langkah ini).
  4. Kukus dalam dandang yg sudah beruap banyak selama 15 menit. Angkat. (Saya cuma ngukus 10 menit, karena adonan saya bagi tiga, tipis-tipis)
  5. Biarkan uapnya hilang dan cake hangat, balik diatas kertas roti. Poles dengan selai Blue Berry (saya pake pasta coklat spread), segera gulung dan kencangkan

Begitu deh ceritanya. Ga tahu kenapa, hasil kukusan yang pertama waktu saya gulung pecah. Tapi yang kedua dan ketiga engga. Kayaknya yang pertama terlalu tebel ato kelamaan ngukusnya ya? saya juga belum tahu jawabannya.🙂

Besok apalagi ya? Ada ide?

Leave a Reply

