Dapur Nyonya Al Jupri

Donat

Hari ini lagi rame di milis NCC (Natural Cooking Club) tentang donat yang di goreng pake lilin biar keliatan cantik. Ngeri ya. Jadi waspada deh, kalo beli makanan dipinggir jalan yang bentuknya cantik tapi harganya murah. Karena cantik itu mahal, iya kan? Jadi mikir deh, jadi Ibu rumah tangga tuh harus pinter masak. Demi keluarga kan ya? Kalau makanan di rumah macem-macem dan enak-enak, pasti suami dan anak-anak ga tergoda liat makanan di luar yang ga jelas. Walaupun tidak semua penjual makanan ga jelas ya, tapi kan kadang-kadang susah dibedakan antara yang benar-benar baik sama yang engga.

Dua hari ini, saya lagi belajar bikin donat. Terus terang,bikin donat adalah yang terberat daripada bikin kue-kue lain. Nguleni pake tangan, cape deh😦. Kalo ga sayang sama hand mixer sih, diuleni pake mikser pasti deh langsung jebol😀. Sebenernya saya udah pernah putus asa dan berjanji ga mau bikin donat lagi. Gara-gara gagal ga bisa goreng. Gosong duluan padahal dalemnya belum mateng. Padahal bikinnya pake resep donat kentang ini, banyakkan yang ga kemakan?😦. Padahal udah ngikutin tips suksesnya di sini. Pokonya putus asa, ga mau bikin lagi. Udah bikinnya susah dan termasuk makanan yang ga bagus juga buat diet. Secara komposisinya terdiri dari terigu protein tinggi, kentang, telur, mentega dan susu full cream, masih digoreng lagi. Wow, pasti makin tinggi kan lemaknya daripada kue yang cuma dikukus.

Tapi karena saya pernah gagal, malah jadi masih penasaran. Apalagi suami saya suka donat. Ya udah, coba lagi, siapkan tenaga ekstra. Browsing-browsing resep, pilih-pilih, akhirnya milih resep donat Ala JCo. Donat yang teksturnya kosong. Saya bikin seperempat resep aja, kalo gagal kan ga sayang. Kalo sedikit juga nguleninya lebih ringan. Jadinya 25 an donat ukuran kecil. Tuh hasilnya foto di atas. Ga cantik kan ya? Kan gorengnya ga dicampur lilin, hoho ngeles😛.

Karena kemarin agak berhasil, hari ini saya jadi berani mengulangi bikin donat kentang lagi. Bikin setengah resep saja. Jadi 20 donat ukuran kecil. Tapi sayang belum sempat difoto sudah dibagi-bagi😀. Selama menggoreng donat, Ibu saya nungguin. Tiba-tiba nanya, “kok sekarang bagus hasilnya? Kenapa dulu ga bisa? Belajar dari mana?”. Saya jawab, ya baca-baca aja tips-tips bikin donat. Dulu sih bacanya belum banyak, jadi ya masih salah deh.(Ibu saya itu sangat takjub, karena saya bisa baca apa saja yang saya mau lewat HP saya :D). “Di HP kamu ada resep macem-macem ya?” tanyanya😀. Ga cuna resep, berita reshuffle kabinet juga ada, hehe😛.

Comments on: "Donat" (1)

  1. I love you mamaaaah… :*

Leave a Reply

