Dapur Nyonya Al Jupri

Sebenarnya hari ini udah mau stop dulu belajar masaknya. Udah habis resep kue yang dikukus-kukus aja. Bolu kukus belum dicoba sih, tapi suami saya ga suka bolu kukus. Stop dulu, mulai diet lagi:mrgreen: .

Eh, ternyata Ibu saya bikin Arem-arem. Arem-arem itu nama makanan daerah di Jawa Tengah ya? Kok suami saya ga tahu apa itu arem-arem. Kalau lontong isi, dia tahu. Memang mirip lontong diisi lauk, tapi kan rasanya beda jauh dari lontong. Arem-arem itu nasinya gurih, seperti nasi uduk.Mau tahu resep bikinan Ibu saya?

Arem-arem ekonomis

Bahan nasi:

  • Beras 500 gram
  • Santan dari 1/2 kelapa
  • Daun Salam 3 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Garam secukupnya
  •  Daun pisang untuk membungkus

Bahan Isi:

  • Santan 150 ml
  • Tahu putih 5 biji, iris kotak kecil-kecil, goreng
  • Cabe merah 5 buah, iris serong tipis-tipis
  • Kecap manis 3 sdm
  • Minyak goreng 3 sdm untuk menumis

Bumbu (haluskan untuk isi):

  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Merica 1/2 sdt
  • Kemiri 3 butir
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan daun pisang, jemur sampai agak sedikit layu.
  2. Rebus beras dengan santan dari 1/2 kelapa, daun salam dan daun jeruk, aduk-aduk hingga santan habis. Angkat. Tutup sisihkan.
  3.  Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cabe, tahu kecil-kecil yang sudah digoreng, tuang santan dan kecap manis. Aduk rata. Tunggu sampe santan kering. Angkat.
  4. Bentangkan 2 lembar daun pisang. Ambil 3-4 sdm nasi, ratakan. Tambahkan 1 sdm isi. Gulung daun pisang seperti lontong.
  5. Kukus kurang lebih 30 menit.

Gambar di atas itu, yang mirip nasi timbel adalah arem-arem yang sudah dibuka bungkusnya. Karena Judulnya Arem-arem ekonomis, isinya pake orik tahu aja. Kalau mau lebih enak pastinya tambahkan daging cincang atau giling, ayam suwir-suwir, telur atau udang juga bisa. Apa aja deh, pasti makin enak. Wong pake tahu aja enak🙂.

Trus Bihun gorengnya? Ceritanya tadi tuh saya mau bikin fuyunghai bihun jagung. Tapi kok malas dadarnya. Ga punya wajan dadar sih, jadi males😛.  Ya udah, bikin bihun goreng aja. Saya itu kalo masak yang bukan kue, ga pernah pake resep pakem. Pake ilmu kira-kira aja:mrgreen: . Tapi, karena ceritanya sedang belajar, marilah kita belajar menulis resep.

Bihun Goreng Ekonomis

Bahan Bihun goreng:

  • 250 gram bihun jagung, rendam dalam air mendidih sampai lunak, tiriskan, lumuri dengan 3 sdm kecap manis.
  • 2 tangkai daun bawang, iris tipis
  • 3 tangkai daun seledri, iris tipis
  • 3 lembar sawi putih, iris 3 cm
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 1 sdt lada halus
  • 1 sdm garam
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara memasak:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Masukkan sawi putih, daun bawang dan daun seledri sampai layu.
  2. Masukkan lada halus dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan bihun yang sudah dilumuri kecap manis. Aduk rata. Angkat.
  4. Sajikan dengan saos tomat pedas.

Bahan saos tomat:

  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 sdm tepung maizena larutkan dalam air 100 ml
  • 1 sdt lada halus
  • 3 buah tomat merah
  • 5 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1 siung bawang putih
  • 500 ml air
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula jawa
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • Penyedap rasa bila suka

Cara membuat:

  1. Blender tomat, cabe, bawang putih dan gula jawa  bersama air 500 ml, sampai halus.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk.
  3. Tambahkan garam, lada halus dan penyedap rasa (bila suka).
  4. Aduk-aduk sampai mengental dan meletup-letup. Angkat.

Lagi-lagi ceritanya bihun goreng ekonomis. Minim sayuran dan daging😀. Tapi rasanya tetep nendang. Disajikan hangat-hangat dengan arem, disiram saos tomat pedas. Hmmmm….. yummmy. Persilangan antara makanan tradisional jawa dan chinese food jadi-jadian😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: