Dapur Nyonya Al Jupri

Cilok

Kalo di Bandung namanya cilok kependekan dari aci dicolok. Kalo di Jepara namanya salome, ga tahu ya kenapa disebut salome padahal bukan kependekan dari satu lobang rame-rame. Hehe.

Ingat waktu di Bandung dulu, waktu mengidam pengen banget makan cilok asli Bandung.  Pasti enak ya, udah tempatnya. Ternyata ga juga loh, di Bandung sendiri ada juga cilok gadungan. Rasanya bau aci banget, mana belum mateng tengahnya. Salah tempat belinya.

Kemarin ceritanya lagi bersih-bersih dapur. Nemu tepung tapioka yang usianya udah mau setahun. Sayang mau dibuang. Tapi bingung mau dibuat apa. Dulunya sih saya beli tepung itu dalam rangka ngidam, untuk campuran membuat pilus dari ubi mantang (ketela rambat). Akhirnya, bikin cilok aja.

Seperti biasa, mulai deh googling-googling resep dengan keyword “cilok bandung”. Wow, bahan-bahan di resepnya macem-macem ya. Pake daging, lemak ayam, ikan, dsb. Berhubung ga punya daging dan juga ayam, adanya udang yang sudah digoreng, ya udah dipake aja. Resepnya modifikasi sendiri.

Cilok Udang Ny. Al Jupri

Bahan-bahan dan cara membuat:

  1. Didihkan air dalam panci untuk merebus cilok.
  2. Campur 200 gr tepung tapioka, 200 gr tepung terigu, 1 bks Royco rasa ayam, 2 gr lada bubuk, 1 sdm garam.
  3. Haluskan dengan blender 5 ekor udang kupas dan 1 siung bawang putih dalam 300 ml air panas. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung sambil diuleni sampai tidak lengket dan bisa dibulatkan.
  4. Bulatkan kecil-kecil. Masukkan ke dalam panci air yang sudah mendidih.
  5. Biarkan cilok mengapung kurang lebih 10 menit. Angkat, tiriskan.
  6. Sajikan dengan saus pedas dan kecap manis atau dengan sambal pecel.

Eh, kalo udah dingin kan jadi kurang mantap rasanya, digoreng jadi makin enak lhoo.

Comments on: "Cilok" (1)

  1. Yang bikin resep lupa. Ada yang belum ditulis. Tambahin 3 batang daun bawang dan 3 batang seledri iris tipis.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: