Dapur Nyonya Al Jupri

Tape Ketan Hijau

Repost Note FB 21 Januari 2012

Sudah lama pengen tape ketan, ga kesampaian-kesampaian. Karena makanan ini ga dijual di pasar. Harus bikin deh, padahal katanya bikinnya susah. Konon tape ketan yang dibungkus daun jambu ini oleh-oleh khas Cirebon. Saya sih ga tahu. Pernah ke Cirebon, tapi ga beli oleh-oleh😀. Sering lewat Cirebon, tapi lewat doang😛. Nunggu oleh-oleh suami merantaunya ke Eropa bukan ke Cirebon😛. Ya udah akhirnya pengen bikin tape ketan sendiri.

Nanya sana-sini kok katanya yang bikin tape ketan harus orang yang sudah tua. Saya kan masih muda belia ya? berarti saya ga boleh bikin tape ketan dong. Trus katanya bikinnya susah. Ga boleh sambil marah-marah. Iya, bikin apapun kan ga boleh sambil marah-marah ya, yang ada malah dapurnya berantakan😛.

Akhirnya browsing resep sana-sini. Pilih resep yang diskripsinya paling sederhana dan mudah dipahami. Karena cara mendeskripsikan cara masak ketan tuh, banyak yang susah. Sulit-sulit. Tapi ga saya ikutin semua caranya. Pake ricecooker aja kan jadi😀. Ini resepnya:

Tape Ketan Hijau

Bahan-bahan:

  • 500 gr Beras Ketan
  • 1 liter air
  • 3 sdm pasta pandan (kalo bikin lagi pake 1 sdm aja, soalnya warnanya jadi terlalu hijau, ga natural)
  • 250 ml  air
  • 2,5 butir ragi tape, haluskan.
  • 2 sdm gula pasir
  • Daun jambu untuk membungkus

Cara membuat:

  1. Campur beras ketan dalam 1 liter air + pasta pandan. Rendam semalaman. Tiriskan.
  2. Masak beras ketan yang sudah direndam tambahkan 250 ml air, dengan ricecooker.
  3. Dinginkan ketan sampai benar-benar dingin.
  4. Bagi ketan menjadi 2 bagian. Taburi dengan setengah ragi tape yang sudah dihaluskan dan 1 sdm gula pasir. Ratakan. Lakukan hal yang sama pada 1 bagian sisa ketan.
  5. Bungkus dengan daun jambu. Taruh dalam wadah tertutup, gelap dan hangat. Diamkan selama 3 hari.

Setelah menunggu 3 hari, taraaaaaaaaaaa……….. jadilah tape ketan yang manis dan seger ini. Bungkus daun jambu memberi aroma seger dan warna yang cantik. Jadi nyesel udah pake pasta pandan kebanyakan lagi, harusnya ketannya putih aja, kalo bungkusnya daun jambu hasilnya pasti hijau tape ketannya. Belum tahu sih. Btw, dengan berahsilnya saya bikin tape ketan bukan berarti saya udah tua lho😛. Kalo ada yang bilang, yang bikin tape harus orang yang sudah tua itu adalah mitos jadul yang ga berlaku di zaman sekarang. Fakta yang bener adalah yang mau bikin tape ketan biasanya orang yg sudah tua, yang muda-muda mah males, kalo suruh makan doang ya hayuuuuuk😛. Iya kan?:D

Btw, siapa yang mau tape ketan ini? ga bisa ngabisin sendiri, ada 15 bungkus neh.🙂

Comments on: "Tape Ketan Hijau" (1)

  1. tolong dilenkapi daftar rencana belanja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: