Dapur Nyonya Al Jupri

Dadar Gulung Pisang Pandan

Akhirnya, bisa posting ini juga. Sudah lamaaaaaa banget pengen posting dadar gulung. Tapi belum pernah kesampaian. Tiap kali bikin, baru jadi langsung amblas. Ga sempat difoto. Kemarin udah niat banget bikin dadar gulung. Sayangnya matengnya sore-sore. Mau difoto udah gelap. Karena ga punya kamera bagus, kalo ga ada matahari seenak apapun rasanya makanan, kalo difoto keliatannya tetap burem. Ga menarik.

Jadi tadi pagi bikin lagi. Pokoknya niat banget bikinnya, sampe bela-belain nunggu minimarket buka buat beli keju. Maklum deh, hidup di kampung, minimarket bukanya jam 10.30 WIB. Kalo mau beli keju susah. *nasib amat ya hidup di kampung*

Resep Dadar Gulung Pisang Pandan

Oleh Ny. Al Jupri

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang, potong jadi dua
  • 2 sdm margarin
  • 160 gr terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt vanili
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 2 gelas susu cair (450 ml)
  • 1 sdt garam
  • Setetes pasta pandan
  • 3 sdm minyak goreng
  • Coklat mesyes secukupnya
  • 35 gr keju, parut
  • Sukade

Cara membuat:

  1. campur telur, terigu, susu bubuk, vanili dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang sedikit-sedikit susu cair sambil diaduk hingga adonan licin.
  3. Masukkan pasta pandan. Aduk rata.
  4. Masukkan minyak goreng ke dalam adonan. Aduk rata.
  5. Agar tidak bergerindil saring adonan.
  6. Dadar satu sendok sayur adonan dengan teflon dadar berdiameter 20 cm. Lakukan hingga adonan habis.
  7.  Panaskan margarin, masukkan pisang. Tunggu sampe harum kecoklatan. Angkat.
  8. Ambil satu kulit, pisang yang sudah goreng, mesyes, kemudian lipat. taburi keju parut dan sukade.
  9. Sajikan. Untuk 20 buah.

Bikinnya mudah kan? Tapi butuh kesabaran yang luar biasa. Karena dadar kulitnya satu-satu. Lipatnya satu-satu. Tapi makannya boleh kok langsung sekalian😛

Bagi yang suka coklat, susu bubuknya disubtitusi aja sama coklat bubuk. Pasta Pandannya diskip aja ato diganti pasta coklat juga gpp. Berhubung saya lagi ga makan coklat, ya bikinnya ijo aja. Isiannnya juga ga usah dikasih mesyes, diganti keju. Hmm.. Nyam… nyam🙂

Oiya, paling enak pake pisang kepok. Tapi pake pisang raja gpp lah. Pisang kepok kan susah nyarinya. Mahal lagi😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: