Dapur Nyonya Al Jupri

Soto Betawi

Akhirnya masak Soto Betawi juga. Setelah sekian lama suami request soto jenis ini. Udah lama browsing resep, ga ada yang cocok. Bikin males masaknya. membayangkan penuh kolestrol.  Tiap kali suami minta soto betawi, saya selalu alasan, susah bikinnya. Bahan-bahannya ga ada di pasar, dia sih percaya aja. Padahal saya cuma ga mau makan banyak lemak.

Nah, secara ga sengaja suami saya nemu resep Soto Betawi di majalah pesawat dalam perjalanan Bandung – Semarang naik Merpati. Katanya, “Ini resep soto betawi bahannya biasa-biasa aja. Apa susahnya?”. Saya melirik dan baca sekilas, kemudian mengangguk. “Iya ntar dibikinin”. Lalu saya segera ambil kamera dan memotret resep Soto Betawi ala Merpati. Berikut Resepnya:

Biar gampang kalo mau nyontek lagi, saya tuliskan ulang resepnya, sbb:

Soto Betawi

Sumber: Majalah Merpati Edisi Agustus 2012

Bahan-bahan:

  • 500 gr daging sapi
  • 1/2 butir kelapa parut dibuat santan kental.
  • 3 butir telur rebus
  • 3 buah kentang rebus
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • 1 batang daun bawang iris kecil-kecil
  • 1 batang sereh memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, geprek.
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 1 cm kunyit, bakar sebentar agar keluar aromanya.
  • 1 cm jahe.

Cara membuat:

  1. Rebus daging dalam 2 liter air sampai daging empuk. Potong dadu, sisihkan kaldunya.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging, aduk rata. Masukkan daun jeruk, sereh dan lengkuas. Kemudian garam dan gula.
  3. Masukkan tumisan bumbu dan daging ke dalam kaldu. Tambahkan santan kental. Aduk sesekali. Masak sampai daging empuk dan kuah menyusut.
  4. Sajikan hangat.

Saya belum pernah makan Soto Betawi asli. Melihat saja belum pernah. Tapi kata suami, masakan saya jauh lebih enak dari aslinya. Bisa jadi cuma menghibur doang😛.

Leave a Reply

