Dapur Nyonya Al Jupri

Putu Ayu

putu ayu

Yap, akhirnya keturutan bikin Putu Ayu. Dasar lagi hamil, pengennya agak aneh. Bukan ngidam sebenarnya. Tapi karena udah harus diet gula dan karbohidrat, justru godaannya malah berat. Di pikiran bawaannya kebayang cake-cake yang junk food abis. Bagaimana bukan junk food, kue itu kan tinggi karbohidrat, tinggi gula, dan tinggi lemak jenuh.

Nah, begitu kebayang Putu Ayu yang sepertinya agak bersahabat, karena ga perlu pakai margarin, ga pake susu full cream sepertinya boleh dicoba.

Akhirnya bikin berdasarkan resep dalam ingatan aja, setelah googling resep berkali-kali.

Resep Putu Ayu:

Bahan-bahan:

  1. 300 gr terigu
  2. 4 butir telur
  3. 150 gr gula pasir
  4. 250 ml santan cair
  5. 1 sdt emulsifier
  6. Pasta pandan secukupnya.
  7. 1/2 butir kelapa diparut
  8. garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur kelapa parut dengan garam secukupnya, kukus. Dinginkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, emulsifier sampai kental berjejak.
  3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan santan ke dalam kocokan telur. Aduk rata.
  4. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  5. Siapkan cetakan, oles dengan minyak goreng.
  6. Masukkan kelapa parut dalam cetakan, tekan-tekan. Masukkan adonan di atasnya.
  7. Kukus dalam kukusan yang sudah beruap banyak selama 20 menit. Angkat, sajikan.

Hasilnya kurang lebih 20 buah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: